Apa Itu HTML?

HTML atau Hypertext Markup Language, berapa versi HTML yang ada, kelebihan dan kekurangan HTML kenny bahas disini
Apa Itu HTML?

Pengertian HTML

Hypertext Markup Language atau di singkat HTML adalah sebutan untuk bahasa markah yang biasa di gunakan para blogger, web dev, programmer untuk membuat suatu halaman web dan struktur dasar wensite. HTML menjadi standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web dan juga menadi standar internet yang di definisikan dan di kendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Penemu HTML

Tahun 1980 seorang ahli fisika yang bernama Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN sebuah organisasi riset nuklir yang berada di Eropa adalah pencetus asal mula dari HTML. Berners-Lee mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk para ilmuan CERN dalam membagikan dokumen.

Versi HTML


  • HTML 1.0

HTML 1.0 ini merupakan versi pertama dari HTML. Versi pertama  ini memiliki kemampuan untuk membuat heading, paragraph, hypertext, list, cetak tebal dan miring (Bold & Italic). Versi 1.0 ini mendukung peletakan image pada dokumen tanpa memperbolehkan peletakan teks di sekelilingnya yang di sebut wrapping.


  • HTML 2.0

HTML 2.0 tercipta pada tanggal 24 November 1995 dengan penegmbangan kemampuan dari versi sebelumnya yaitu penambahan form. Dengan adanya form ini kita dapat membuat sebuah form isian berupa nama, alamat, saran/kritikan. HTML 2.0 merupakan awal dari adanya website interaktif.


  • HTML 3.0

HTML 3.0 atau yang biasa di kenal HTML+ ini tercipta pada tanggal 18 Desember 1997 dan mempunyai beberapa keungglan dari vesi sebelumnya berupa penambahan fitur table dalam paragraph. HTML 3.0 ini tidak bertahan lama kerena segera digantikan oleh HTML 3.2.


  • HTML 3.2

HTML versi ini merupakan penyempurnan dari versi 3.0 yang di ciptakan bulan 14 Januari 1996.


  • HTML 4.0

HTML 4.0 di ciptakan pada tanggal 18 Desember 1997 ini memiliki kemampuan untuk membuat link, image dan sebagainya.


  • HTML 4.01

Versi ini dikeluarkan  secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 Desember 1999 yang merupakan perbaikan dariversi sebelumnya.


  • HTML 5

HTML 5 merupakan versi HTML yang di gunakan saat ini dan merupakan generasi terakhir tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang lagi mengingat perkembangan dunia yang cukup cepat. HTML 5 ini merupakan rekomendasi dari W3C pada tanggal 28 Oktober 2014. Jika anda ingin mengenal lebih banyak mengenai HTML 5 kunjungi https://www.w3.org/TR/html5/

Kelebihan dan Kekurangan HTML


Kelebihan

  • HTML dapat dijalankan di berbagai macam system komputer dan juga berbagai macam browser, jadi cukup fleksibel karena ditulis ckup dengan editor karakter ASCII.
  • Dapat memat gamar statis ataupun dinamis (Animasi), menggunakan gambar untuk di jadikan hyperlink.
  • Dapat di sisipkan bahasa pemrograman lainnya seperti CSS, Javascripts, Perl, Php, dan sebagainya.
  • HTML bukanlah bahasa pemrograman, jadi saat menalankannya kompiler, cukup menggunakan browser

Kekurangan

  • Hasil dari website yang di buat menggunakan HTML menjadi Statis, mungkin tidak amsalah jika websitenya bersifat personal, tetapi jika websitenya bersifat seperti toko online, memrlukan halaman web yang dinamis. Jadi untuk menghasilkan bahasa HTML menjadi dinamis memerlukan bahasa pemrograman lainyya seperti Javascript, animasi seperti Flash ataupun Shockwave.
  • Mempunya tag yang sangat banyak sehingga butuh waktu untuk mengngat semua tag tersebut,
  • Tidak menghasilkan halaman yang interaktif, maksudnya client dapat berinteraksi dengan server, untuk mentupi kekurangan ang satu ini HTML harus disisipi bahasa pemrograman seperti perl atau tcl.
Sekian pengertian, penemu, versi HTML, kelebihan dan kekuranagan dari HTML yang dapat kenny bagikan kepada anda. 
Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

Posting Komentar

1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain