10 Perbedaan Blog Dan Website Yang Harus Kamu Tahu

Pengertian dan 10 perbedaan blog dengan website bisa anda baca selengkapnya
Yang membedakan blog dan website | Kenscripts

Apakah anda ingin membuat blog? atau membuat website?
Antara blog dan website apa bedanya?

Ini adalah pertanyaan yang membingungkan bagi sebagian orang, apa bedanya blog dan website?

Hal inilah yang menuntun kenny untuk membuat artikel perbedaan antara blog dan website.
Kenapa kita harus tahu perbedaan antar keduanya?

Untuk menentukan mana yang lebih baik karena itu anda harus mengetahui perbedaan keduanya agar anda tidak salah langkah dalam mengambil platfrom yang akan digunakan nanti.

Adapun hal ini untuk membuat anda puas karena blog dan website perbedaannya tidaklah jauh berbeda.

Berikut penjelasan masing-masing antara blog dan website

Blog
Blog adalah salah satu tipe website yang berisi konten opini, aktivitas penulis, ataupun pengalaman. Blog juga merupakan tipe website yang populer dan banyak digunakan didunia, alasannya adalah karena blog sangat mudah digunakan baik bagi orang yang baru dalam dunia blog pun mereka akan paham dengan sendirinya.

Website
Website merupakan sejumlah laman web online yang saling terhubung dengan sutu doamin. Contohnya situs www.facebook.com, www.google.com dan sebagainya memiliki sub domain yang saling terhubung dengan domain utama.

Sederhananya domain utamanya adalah www.line.me (Domain utama Line) lalu sub domainnya bisa Line.naver.jp (Sub domain dari Line.me).

Adapun pengertian umumnya website adalah semua situs website yang berada di internet.

Blog dan website memiliki perbedaan yang kurang bisa di jelaskan secara sederhana, keduanya adalah bagian dari website tetapi yang membedakan mereka anda bisa lihat di bawah ini

Perbedaan website dan blog

1. Pengelola
Perbedaan yang pertama antara blog dan website adalah penegelolanya.
Jika anda adalah seorang blogger tentu anda juga yang menulis artikelnya, dan anda juga yang memilikinya bukan?
Nah blogger di sini yang dimaksud adalah mereka yang menggunakan situs dari Blogger untuk membuat sebuah situs pribadi ataupun publik.
Meskipun banyak juga blogger yang yang mengelolanya dengan beberapa orang.

Sedangkan website biasanya di kelola oleh perusahaan, tim, kelompok dan sebaginya yang didalamnya terdiri dari web devoleper, copywriter, web designer, araupun yang mengurus interkasi antara pembacanya.
Seperti www.facebook.com ataupun www.google.com mereka memiliki seorang ahli di bidangnnya masing-masing.

2. Kontent (Isi)
Isi dari sebuah blog biasanya adalah berupa opini, aktivitas pemilik atau pengalaman.
Blog berisi artikel, video, gambar, ataupun sebuah konten yang campuran.

Sedangkan website mereka memuat konten berupa promosi produk, info produk, ataupun layanan.
Website juga bisa kita gunakan untuk suatu organisasi, Sekolah, lembaga, bahkan toko online.

3. Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan blog biasanya bebas dan bervariasi, banyak blog yang menggunakan bahasa informal dan juga formal.
Ada juga blog yang menggunakan bahas spontan, tergantung dari penulis artikelnya.

Sedangkan website menggunakan gaya bahasa formal dan profesional. Seperti Facebook yang menggunakan bahasa formal.
Alasan website menggunakan bahasa formal karena website digunakan untuk tujuan formal seperti instansi pemerintahan, organisasi dan perusahaan.

4. Update Konten
Perbedaan dalam mengupdate artikelnya blog lebih sering update artikel ketimbang website.
Blog sehari bisa satu sampai tiga artikel yang mereka keluarkan, dan setiap blog mempunyai waktu update artikelnya masing-masing ada yang sau hri sekali, dua hari sekali atau seminggun sekali. Itu semua tergantung dari pengelola blognya.

Sebaliknya untuk website, saat mereka update/meliris artikel tergantung dari jasa, produk, yang akan keluar.
Semisalnya sebuah perusahaan akan mengeluarkan produk baru, maka websitenya pun akan mempromosikan produk tersebut, beserta informasi apa saja yang ada di produk tersebut.

5. Subscribe/Berlangganan
Dalam blog tentu terdapat sebuat tombol subscribe yang berfungsi untuk memberitahukan para pembacanya mengetahui update artikel terbaru suatu blog yang pembaca ikuti."Membuat subscribe ringan blog"

Dalam website mungkin ada beberapa yang memiliki tombol subscribe juga, akan tetapi yang website kirimkan bukanlah update artikel terbaru, melainkan newsletter yang berisi layanan baru atau produk baru

6. Harga
Dalam membuat blog kita dapat menggunakan layanan gratis sperti blogspot atau wordpress. Harga yang di perlukan tidak terlalu besar anda hanya harus menyiapkan koneksi internet untuk memulai blog sendiri.

Sedangkan untuk website anda memerlukan biaya yang lumayan, semisalnya anda ingin membuat website dengan domain sendiri, anda haru mengeluarkan uang untuk penyewaan domain sendiri, atau jika anda akan membuat toko online anda juga diharuskan membeli hosting untuku penyimpanannya.

7. Coding
Ini mungkin yang paling membedakan antara blog dan website. Dalam blog anda tak terlalu perlu mendalami masalah coding cukup paham permukaannya saja seperti bahasa dasar HTML dan CSS jika anda sudah paham kedua hal tersebut anda bisa memulai blog anda. Kenapa kenny bilang anda harus paham dasr dari HTML dan CSS, karena kedua bahasa ini yang sering digunakan dalam mendesain blog. Salah satunya membuat menu blog, widget blog, footer, header, background, color, dan sebagainya. "4 web belajar coding gratis"

Berbeda dengan website anda harus benar-benar paham coding HTML, CSS, Javascript, Php dan sebagainya untuk memulai website anda. Karena dalam membuat website anda harus memulai dari nol.

8. Pembuatan
Dalam pembuatannya blog sangatlah mudah. Jika anda memulai blog dengan blogspot anda hanya harus mendaftar saja dan mendownload template atau menggunakan template default dari blogspot.
Disinilah kegunaan dari HTML dan CSS yang kenny sebutkan di point 7 diatas, dengan memahami HTML dan CSS anda bisa mendesain template yang anda download dari internet dan memodifikasinya agar lebih menarik.

Dalam website pembuatannya tidak mudah selain harus menguasai coding, anda juga harus paham tentang domain, hosting, dan sebagainya.


9. Homepage/Halaman Utama Blog atau Website
Homepage blog diisi dengan berbagai artikel yang mereka update setiap harinya.

Sedangkan website biasanya diisi dengan berbagai informasi jenis produk atau jasa yang ditawarkan mereka.

10. Interaksi Pengunjung dan Admin
Blog biasanya menyediakan kolom komentar untuk tanya jawab atau sekedar menyapa, dan juga terkadang blog menyediakan layanan menyukai dan share artikel.

Berbeda dengan website mereka tidak mengaktipkan kolom komentar, tapi ada beberapa website yang menyediakan layanan yang lain seperti forum khusus, atau melalu media sosial untuk berinteraksi.


itulah perbedaan dari blog dan website

Kesimpulan
Setelah membaca perbedaan antar blog dan website, diharapkan anda bisa memahami penjelasannya dengan baik, maaf jika penjelasanya kurang jelas anda bisa bertanya di komentar di bawah.

Setelah anda mengetahui bedanya blog dan website diharapkan juga anda dapat memulai membuat blog dan website yang baik, dan dapat menentukan platfrom yang akan di gunakan.
Jika anda memang ingin memiliki blog and bisa membuatnya di blogspot, Jika anda ingin membuat website anda bisa memulai domain sendiri ataupun sebaliknya bisa.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung
Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

1 komentar

  1. It is fine, nonetheless evaluate the information and facts around this correct. website copywriting
1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain