Membedakan PC, Laptop, Notebook, dan Netbook

Mencari perbedaan komputer personal dengan laptop, notebook dan netbook
Memebedakan PC dan komputer dengan notebook

Bagi orang-orang yang bermain didunia IT sudah sangat mudah dalam menjelaskan perbedaan dari PC, Laptop, Notebook, dan Netbook, karena mereka mempelajarinya dalam pembelajaran disekolahnya.

Meskipun artikel ini terbilang tidak penting, namun bisa kalian gunakan sebagi pengetahuan apabila kalian ditanya apa sih bedanya komputer dengan laptop? apa sih bedanya laptop dengan notebook? apasih yang membuat komputer, pc, laptop, dan notebook berbeda?

Kira-kira seperti itulah.

Membedakan ke-4 alat elektronik komputer ini bisa kita lihat dari tampilan fisik secara visual atau langsung oleh mata. Namun tidak bisa dipungkirin seiring majunya teknologi membuat banyak alat elektronik berkembang sangat cepat salah satunya komputer menjadikan beberapa orang tidak bisa mencari perbedaan mencolok dari personal computer, Laptop, Notebook, Netbook.

Mencari perbedaan dari PC, laptop, notebook dan netbook sangat diperlukan bagi kalian yang akan membeli alat elektronik ini, pasalnya banyak orang-orang awam yang belum bisa memebedakan perbedaan sederhana dari pc dan laptop, notebook dan netbook atau notebook dan laptop.

Memebedakan perangkat elektronik PC, Laptop, Notebook dan Netbook

1. PC (Personal Computer)

Membedakan PC dengan komputer

PC atau personal computer merupakan kumpulan dari berbagai alat yang dirakit menjadi satu menjadi PC atau orang-orang kadang menyebutknya Komputer.

PC ini memiliki bagian-bagian pendukung seperti CPU, monitor, mouse, keyboard, dan speaker(opsional). Kalian bisa menemukan pc hampir disetiap perusahaan, sekolah dan juga perumahan. Jika kalian penasaran kalian bisa mengunjungi warnet (warung internet) untuk melihat bentuk PC, karena hampir semua warnet menggunakan PC sebagai media sewa internetnya.

Kemampuan PC bisa melebihi dari laptop, notebook, dan netbook dalam segi spek. Karena itu tidak heran PC biasa digunakan untuk mengedit video, desain grafik, membuat live streaming, bermain game berat dan sebagainya dengan catatan spek PC yang kalian miliki hardware dengan spek tinggi seprti VGA card, HDD, SSD, RAM, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Lengkap

Seperti yang kenny bahas diatas PC memiliki kelebihan seperti user/pemiliknya dapat mengupdarde/meningkatkan komponen dari PC yang dimiliki dengan mengganti perangkat hardwarenya. Selain itu kalian bisa mengupgrade PC tidak sekaligus, bisa mencicil.

Kalian bisa mulai meningkatkan RAM, HDD, SSD, Prosesor, Motherboard dansebagainya.

Kelemahan terbesar dari PC ini adalah tidak praktis seperti laptop ataupun notebook, selain itu dengan banyaknya alat elektronik tambahan sperti CPU, membuat anda harus menambah ruang untuk menyimpan PC.

PC juga tidak dapat berfungsi jika mati lampu karena PC diharuskan selalu tersambung dengan listrik.

2. Laptop

Membedakan laptop dengan notebook

Laptop didesain memiliki body yang ramping dan mudah dibawa kemana-mana. Laptop merupakan versi mini dari PC namun memiliki software dan hardware yang tidak kalah dengan personal computer.

Laptop sekarang telah banyak yang mendukung tugas-tugas berat layaknya PC. Dengan ukuran dimensi 13,3 inch-15 inch sampai 17 inch laptop mempermudah anda yang sering berpergian dengan tugas-tugas yang belum terselesaikan.

Lihat juga : Mengambil Gambar dari File Pdf Mudah dan Cepat Secara Offline

Berbeda dengan PC, laptop ini bisa digunakan meskipun daerah anda mati lampu, tidak ada listrik, karena laptop memiliki baterai yang bisa menyimpan daya listrik untuk kebutuhan laptop anda agar tetap tejaga, biasanya baterai laptop akan bertahan 4-5 jam pemakaian normal, itupun tergantuk produk, ukurang baterai yang diberikan perusahaan pembuat laptopnya.

Laptop juga tidak kalah dalam melakukan tugas berat seperti halnya PC, desain grafik, edit video, game, hingga coding laptop sekarang bisa melakukannya, dengan catatan sama seperti PC diharuskan memiliki spek tinggi.

Kelebihan dari laptop terbaru 2020 yang kenny tahu tidak kalah saing dengan PC salah satunya telah mendukung wifi, webcam, HDD 1TB, SSD 1TB, RAM mulai dari 2 - 34 Gb juga ada.

Kekurangan dari laptop ini meskipunmemiliki spek tinggi dalam kualitas umur jangka panjang laptop masih kalah dengan PC.

3. Notebook

Notebook sekilas sangat mirip dengan laptop namun perlu kalian ingat laptop dan notebook sangatlah berbeda meskipun memiliki tampilan serupa.

Perbedaan mencolok dari notebook dan laptop bisa kalianlihat dari ukurannya, Notebook memiliki ukuran 10 inch - 12 inch yang mana lebih kecil dari laptop.

Selain itu notebook juga dianjurkan hanya untuk tugas-tugas kecil saja, tidak dianjurkan untuk bermain game, edit video ataupun desain grafik.

Lihat juga : 8 Antivirus Terbaik Untuk Komputer Window 2020

Perbedaan notebook dan laptop lainnya adalah daya baterai yang hanya mampu bertahan 1 - 3 jam dalam pemakain normal.

Spek notebook seperti HDD penyimpanan, ataupu RAM lebih kecil dari laptop, karena itu notebook ini bisanya hanyak menegrjakan tugas-tugas medium.

4. Netbook

Netbook merupakan varian dari notebook, untuk melihat perbedaan netbook dengan notebook kalian bisa melihat ukurannya, netbook memiliki ukurang sekitar 7 inch - 10 inch lebh kecil dari notebook dan laptop.

Netbook biasanya dikhususkan untuk akses internet atau pekerjaan tugas-tugas kantor yang tidak terlalu berat.

Selain itu komponen yang dibawa netbook sangat minimal, jadi tidak dianjurkan untuk membuka tugas atau game berat.

Itulah perbedaan dari laptop, pc, notebook dan netbook yang wajib kalian ketahui. Untuk bagian PC kalian bisa membedakannya dengan sekilas lihat namun berbeda dengan laptop, notebook dan netbook perbedaanya harus kalian bandingkan dan pahami masing masing alat tersebut.

Sekian dari kenny terima kasih telah berkunjung.

Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

Posting Komentar

1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain