6 Perbedaan Dari WordPress.org dan WordPress.com

Cara membedakan wordpress.com dan wordpress.org
Bedanya wordpress.com dan wordpress.org | Kenscripts

Hallo kali ini kenny akan membahas perbedaan dari WordPress.com dan WordPress.org.
Sebelum anda memulai membuat website dengan platfrom wordpress, ada baiknya mencari tahu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Anda mungkin tidak tahu bahwa wordpress merupakan sebuah platfrom yang dapat digunakan untuk membuat sebuah website. Namun apakah anda tahu bahwa wordpress menyedikan dua buah layanan yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com dan WordPress.org keduanya sama-sama sebuah platfrom yang dapat kita manfaatkan untuk membuat website ataupun blog. Namun terdapat perbedaan yang sangat menonjol dari keduanya.

Dari itu kenny membuat artikel perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang perlu kalian ketahui sebelum membuat website dengan platfrom WordPress. Berikut uraiannya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org


1. Domain



Poin pertama ini mengenai domain yang dipakai oleh anda jika memilih WordPress.com atau WordPress.org. Domain yang digunakan oelh WordPress.com dan WordPress.org tentu berbeda, contohnya Wordpress.com. Jika anda membuat website melalui wordpress.com domain yang anda dapatkan adalah domain gratis. Domain anda akan otomatis menjadi www.namawebsiteanda.wordpress.com.

Berbeda dengan wordpress.org, disana anda bisa memasangkan domain apapun yang anda inginkan pada website yang akan dibuat. Anda bisa menggunakan domain populer seperti .com, .co.id, .id, .net, dan sebagainya.

2. Hosting



Jika anda ingin membuat website yang serius anda bisa memulainya dengan wordpress.org. Di wordpress.org anda bisa memaksimalkan berbagai macam hal salah satunya masalah hosting.

Wordpress.org tidak menyediakan hosting gratis. Namun anda bisa mencarinya diinternet jasa penjualan hosting dan anda bisa memilih kapasitas yang diinginkan sesuai selera dan juga isi dompet.

Lihat Juga : 10 Perbedaan Blog Dan Website Yang Harus Kamu Tahu

Namun di wordpress.com anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk urusan hosting, karena dari wordpress.com-lah yang akan menyediakannya. Akan tetapi kapasitas yang diberikan hanya sebesar 3Gb.

3. Harga



Dari segi harga wordpress.org memang memerlukan pengeluaran uang yang lumayan banyak. Karena di wordpress.org anda diharuskan memiliki hosting dan domain sendiri.

Berbeda dengan wordpress.com anda bisa menggunakannya secara gratis tetapi dengan fitur seadanya.

4. Iklan



Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa wordpress.com tidak bisa kita pasang adsense. yap wordpress.com ini memang tidak bisa dipasang iklan seperti iklan yang terkenal diinternet yaitu adsense. Namun wordpress.com memiliki solusi akan masalah iklan ini yaitu dengan memasang wordads. Adsword adalah platfrom iklan yang di kembangkan oleh wordpress. Sama seperti adsense anda juga harus melalui tahapn-tahapan agar dapat menayangkan iklan dari AdsWord di wordpress.com.

Berbeda dengan Wordpress.org, disini anda bisa memasang iklan google adsense. Tentu juga anda harus mendaftar adsense dengan melawati tahao-tahapnya.

5. Tema



Tema sebuah website merupakan poin yang cukup penting bagi sebuah website agar terkenal. Nah di wordpress.com anda bisa mendapatkan tema gratis dari wordpress yang telah disediakan untuk digunakan. Tetapi anda tidak dapat diizinkan untuk mengupload / memasang tema dari pihak lain baik itu tema gratis ataupun premium.

Namun anda bisa menggunakan wordpress.org jika anda menginginkan tanpilan yang lebih baik dan juga jika anda ingin mecustom tema sendiri di wordpress.org bisa anda lakukan dengan bebasa. Anda bisa memasang tema dari pihak ketiga baik itu gratis ataupun premium berbayar.

Lihat Juga : Cara Submit Url Blog di Webmaster Google Terbaru

6. Seo dan plugin



Seo sangatlah penting untuk menjaga prfotma dari sebuah website atau blog. Jiak anda ingin memiliki website yang memiliki nilai seo yang cukup baik anda bisa menggunakan platfrom wordpress.org. Wordpress.org menyediakan berbagai plugin yang dapat kita pasang pada website kita, salah satunya plugin Seo yang sangat penting untuk menjaga performa website. Plugin seo dari wordpress.org salah satunya All in One Pack SEO, Yoast SEO dan sebaginya.

Tetapi jika anda memilih wordpress.com anda tidak akan bisa memasang plugin seo dan juga plugin lainnya.

Kesimpulan
Setelah membaca 6 perbedaan Wordpress.com dan Wordpress.org kita bisa menyimpulkan bahwa jika anda memang ingin serius membuat, menghasilkan uang(Tergantung artikel dan usaha anda) wordpress.org adalah tempatnya meskipun memerlukan sejumlah modal awal, namun jika anda ingin membuat website gratisan anda bisa menggunakan wordpress.com tetapi dengan fitur yang seadanya.

Itulah 6 perbedaan mendasar dari Wordpress.com dan Wordpress.org.
Semuanya kembali kepada anda kenny hanya menguraikan perbedaan antara Wordpress.com dan Wordpress.org.

Terima kasih telah berkunjung.
Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

Posting Komentar

1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain