9 Tips Memilih Template Tema Blog

Pilihlah tema yang memiliki kualitas terbaik dan dapat meningkatkan visitor blog anda
Memilih tema blog | Kenscripts

Tahukan kamu jika tampilan sebuah blog atau template blog yang kita pilih menentukan banyak atau sedikitnya pengunjung blog?.
Memang konten atau artikel adalah raja dalam dunia blog, semakin baik, unik, dan menarik konten yang kita buat semakin banyak pengunjung yang datang. Tetapi jangan salah template yang digunakan juga menentukan banyaknya pegunjung blog.

Lihat Juga : Alat Untuk Menulis Artikel Seo Friendly

Meskipun tidak banyak berpengaruh dalam menarik pengunjung, template bisa digunakan sebagai media yang membuat nyaman pengunjung. Nyaman yang kenny maksud bisa membuat pengunjung berlama-lama di blog anda, mudah dalam navigasinya, enak dilihat dan sebagainya.
Namun semakin kesini semakin banyak template yang bertebaran di internet baik yang gratis atau berbayar bisa kalian cari di setiap search engine.

Dengan banyaknya template yang ada di internet dapat membuat anda kebingungan dalam memilih template terbaik untuk kepuasan anda dan kepuasan pengunjung.
Karena itu kenny membuat artikel memilih template yang baik dan benar untuk sebuah blog blogger dan wordpress.

Template yang memiliki tampilan yang bagus dan enak dipandang belum tentu baik dalam segi struktur data yang digunakan, atau template yang memiliki struktur data yang rapih belum tentu tampilannya responsive untuk tampilan mobile.

Memilih template yang dapat memuaskan pengunjung dan diri anda sendiri merupakan faktor penting agar tidak ganti-ganti template. Bagaimana memilihnya?
Kenny memiliki beberapa point penting yang harus diterapkan saat memilih template yang akan digunakan pada blog anda. Berikut ulasannya.

Memilih template yang baik dan benar untuk blogger ataupun wordpress


1. Template Seo

Template seo bisa kita jadikan tolak ukur pertama dalam memilih template blogger dan wordpress. Seo ini sangat penting bukan hanya di dalam artikel tetapi juga di dalam sebuah tema yang digunakan juga haruslah seo agar menjadikan blogmu lebih baik.

Lihat Juga : Template Seo Friendly Premium Free Download

Pilhlah template yang memiliki seo yang baik, contoh template seo yang baik memiliki meta data yang lengkap, terstuktur seo friendly dan tidak banyak kode-kode yang error.

2. Fast Loading

Dalam memilih tema website kalian juga perhatikan kecepatan loading/memuat konten artikel apakah cepat atau lambat.

Jika template yang digunakan kurang fast maka segeralah ganti dengan tema yang lebih baik.
Memilih template fast loading bisa kalian pilih berdasarkan review pembuat templatenya, atau mengetesnya sediri dengan tool pengukur kecepatan loading website yang telah banyak disediakan di search engine.

3. Responsive

Tentu saja responsive-nya sebuah website dapat membuat nyaman pengunjung blog pengguna sistem mobile dengan berbagai ukuran layar.

Semakin banyaknya ukuran layar sebuah gadget maka diwajibkan semakin responsivenya sebuah tampilan website blog. Jika tampilan dari blog tidak responsive dengan berbagai ukuran layar maka bisa dipastikan tidak enak dipandang apalagi ingin berlama-lama dalam blog anda.
Karena itu carilah template yang responsive untuk berbagai layar baik laptop, komputer, ataupun mobile smartphone.

4. Fitur yang mudah

Pilihlah template blog website yang memiliki fitur yang mudah digunakan dan dapat terjangkau untuk semua pengunjung artinya tidak tersembunyi.

Fitur yang kenny maksud adalah fitur navigasi, artikel, breadcrumb, post populer, recent post dan sebagainya dapat kita akses dengan mudah dan tidak bertele-tele membuat pengunjung merasa ribet dalam mengakses fitur dari blog sobat.

5. Enak dilihat

Saat berkunjung pada sebuah website pengunjung juga melihat bagaimana tampilan website blog yang dikunjunginya, menarikah?
Semakin baik tampilannya semakin berpeluang mendapatkan visitor tetap apalagi jika konten yang anda berikan selalu update.

6. Ukuran Ringan

Sebenarnya ukuran ringan bisa dikategorikan juga pada pint no 2 fast loading. Jika file tema kita kecil maka kecepatan loadingnya pun lebih baik dan cepat.

Lakukanlah pengecekan ulang kode-kode yang digunakan pada template kalian, jika terdpat script yang tidak dibutuhkan lebih baik dihapus.

7. Tidak ada error

Error merupakan bencana sekaligus pembelajaran dalam programmer. Pilihlah tema yang tidak memiliki error saat telah dipasang pada blog anda.
Error disini bisa berupa tampilan yang tidak responsive, struktur widget berantakan, script yang tidak berjalan, dan sebaginya.

Lihat Juga : Menemukan Link Mati, Link Tidak Aktif, Broken Link, Url Mati Di Blog

Jika menemukan sebuah tema terdapat error maka segeralah ganti saja jika anda malas mencari cara memeprbaiki errornya.

8. Pilih sesuai niche blog

Kenny pernah membuat artikel memilih niche blog yang cocok untuk anda, nah poin ke 7 ini berkaitan dengan artikel tersebut.

Pilihlah template blog yang sesuai niche blog yang akan dibangun dengan begitu strukturnya pun akan sesuai dengan niche kalian.
Mulailah dengan menentukan niche blogmu.

Lihat Juga : Beberapa Ide Topik Untuk Memulai Blog Sendiri Dengan Niche Yang Unik

9. Terstruktur dan mudah si edit

Kita bisa memilih tampilan yang bagus namun bagaimana dengan isi dari templatenya?
Pilihlah template yang memiliki struktur mudah untuk kita edit dan sesuaikan kebutuhan. Jika kode dari tema yang digunakan telah terstrukur pasti dlam melakukan pengededitan pun mudah dilakukan.


Lihat Juga : Agar Pengunjung Blog Stabil Meskipun Jarang Update Artikel

Itulah beberapa poin yang bisa kalian perhatikan dalam memilih sebuah tampilan dari blog atau website yang kalian bangun dan kembangkan.
Dengan memilih tema yang benar dpat dipastikan membuat pegunjung betah berlama-lama apalagi jika kontennya sangat menarik untuk dibaca, kita sebagai penulis konten dan pengembang blog wajib memberikan yang terbaik bagi pengunjungnya.

Sekian pembahasan kali ini semoga berkesan dan memberikan info yang menarik untuk kalian.
Terima kasih telah berkunjung.
Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

Posting Komentar

1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain