Cara menstabilkan jaringan internet 4G Android

Cara menstabilkan jaringan 4G Android, stabilkan internet 4G, internet stabil
Cara menstabilkan jaringan 4G Android, stabilkan internet 4G, internet stabil

Jaringan internet yang kita ketahui sekarang adalah 2G, 3G, 4G dan 5G. Tentu saja dilihat dari pilhan tersebut bisa di ketahui bahwa 5G adalah jaringan internet tercepat untuk saat ini. Meskipun 5G merupakan jaringan tercepat, penyebarannya diindonesia masihlah goib, yang mana kita ketahui juga bahwa jaringan dibawahnya pun seperti 3G dan 4G masihlah kurang stabil dibeberapa daerah diindonesia.

Jaringan 4G sendiri tidak bisa kita samakan dengan 3G dan 5G, dengan 3G sendiri jaringan 4G lebih cepat, namun dengan jaringan 5G, jaringan internet 4G kalah bagus. Namun kali ini kita tidak akan membahasa perbandingan kecepatan jaringan internet, melainkan bagaimana sih cara membuat internet 4G stabil?.

Membuat jaringan intenet 4G stabil.

Jaringan internet yang stabil adalah dambaan semua orang yang tinggal dinegara berkembang seperti indonesia, salah satu jaringan paling ngebut diindonesia untuk saat ini adalah jaringan internet 4G. Jaringan internet 4G sendiri masih belum menyeluruh hingga pelosok daerah.

Sebut saja didaerah yang saya tinggali saat ini, kartu merah yang katanya memiliki jaringan 4G yang luas, hingga saat ini masih memiliki kekuatan 0 - 2 bar sinyal. Namun bukan berarti jaringan ini lemot, meskipun memiliki kekuatan 2 bar, jika dijam tertentu kalian bisa medownload dengan kecepatan 1-2MB walaupun itu tadi tidak stabil.

Balik lagi ke topik, jadi bagaimana sih cara membuat jaringan internet khusus 4G lebih stabil meskipun bar sinyal kecil?. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian coba lakukan untuk mencari jaringan stabil 4G.

  1. Mode pesawat.
  2. Cara membuat jaringan 4G stabil pertama kalian bisa menggunakan fitur mode pesawat di smarphone kalian. Airplane mode atau mode pesawat merupakan fitur yang ada dalam sebuah HP bahkan saat handphone masih berbasis symbian. Dalam fungsinya airplane mode digunakan untuk menonaktipkan setiap jaringan baik yang dipancarkan ataupun yang dicarinya.

    Nah, dari sini kita ketahui bahwa saat airplane mode aktip maka smartphone akan menonaktipkan semua jaringan yang ada dalam android anda. Dengan kata lain, jaringan internet anda akan nonaktip juga, dan saat airplane mode nonaktip kembali, maka jaringan internet akan mencari jaringan tebaik yang tersedia di sekitar anda.

    Bisa dibilang cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk menstabilkan jaringan internet 4G.

  3. Restart atau ON/OFF power smartphone.
  4. Menstabilkan jaringan internet bisa juga dilakukan dengan restart atau ON/OFF power handphone. Cara ini biasa dilakukan untuk membuat smartphone kembali segar, karena saat smartphone melakukan restart, semua aplikasi, sistem, hingga kinerja RAM kembali lebih lega dari sebelum direstart.

    Dan bukan tanpa alasan sebuah penelitian mengklaim bahwa sebuah smartphone setidaknya seminggu sekali harus melakukan restart atau ON/OFF power daya.

    Melakukan ON/OFF power sistem android untuk menstabilkan jaringan internet tentu saya rekomendasikan bagi kalian yang ingin internet stabil tanpa kendala.

  5. Mengganti kartu SIM.
  6. Mengganti kartu SIM agar jaringan internet 4G stabil bisa menjadi solusi lainnya.

    Jaringan yang stabil bisa diakibatkan dengan kartu SIM yang tidak support untuk daerah kalian tinggali, dan memang mungkin kualitas jaringan internet didaerah tersebut terlalu buruk untuk kartu SIM yang anda pakai.

    Jadi, cobalah mengganti SIM card untuk mengatasi internet 4G tidak stabil.

    Baca : Game android genre action terbaik dan terpopuler

  7. Kunci jaringan 4G menjadi prioritas.
  8. Menstabilkan jaringan 4G dengan mengunci jaringan agar tetap 4G ini yang biasa saya lakukan. Denngan cara ini handphone akan mencari jaringan internet hanya untuk 4G, jadi meskipun kekuatan sinyal 1 - 2 bar tetap akan dimnculkan 4G. Silahkan cek Cara mengunci jaringan internet tetap 4G untuk lebih jelasnya.

  9. Lepaskan casing atau stiker yang menempel di smartphone.
  10. Jika masalah jaringan 4G tidak stabil masih terjadi, coba lepaskan casing handphone anda dulu. Hal ini mungkin terdengar konyol, namun perlu kalian ketahui bahwa beberapa casing bisa menghalangi penangkapan sinyal 4G.

    Cara ini pernah saya coba, dan memang kekuatan sinyal 4G yang diterima handphone menjadi lebih baik.

    Sama halnya dengan stikel, bagi kalian yang suka memasang stikel dibelakang smartphone, ada baiknya dilepaskan untuk mempermudah smartphone mencari sinyal 4G.

  11. Ubah lokasi saat ini.
  12. Poin ini berkaitan dengan kekuatan dan kualitas operator yang kalian pakai, misalnya kalian menggunakan kartu sim dari operator simerah, memang jaringannya bagus jika ada dikota-kota, tetapi bagaimana jika dipelosok?.

    Buka hanya lokasi tempat, kalian juga bisa berpindah dari ruangan tetutup (didalam rumah) dan pindah keluar rumah untuk mencari sinyal 4G yang stabil.

  13. Flash ulang atau reset data smartphone.
  14. Cara ini mungkin sedikit ekstrem untuk masalah sinyal yang tidak stabil pada smartphone, namun cara ini juga menjadi solusi apabila kalian telah melakukan cara-cara diatas tetapi masih belum menemukan solusi yang berhasil mengatasi masalah sinyal tidak stabil.

    Dengan melakukan reset data ataupun falsh ulang smartphone, diharapkan kinerja smartphoen kembali seperti baru. Karena kita sendiri tidak tahu apa yang menjadi penyebab sinyal tidak stabil saat bermain game, browsing hingga mendownload.

Baca : Paket internet XL termurah dan terbaru

Penutup.

Cara-cara diatas itulah yang saya sering lakukan untuk mengatasi sinyal 4G tidak stabil, beberapa cara diatas memang bisa mengatasi masalah sinyal yang tidak stabil, namun kembali lagi ke beberapa faktor sinyal tidak stabil seperti jenis operator, lokasi dan kualitas smartphone. Demikianlah akhir dari artikel kali ini, see u next time.

Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

Posting Komentar

1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain