Aplikasi HP untuk Menulis Artikel Blog (Tanpa PC!!!)

Menulis artikel blog melalui hp tidaklah sulit jika memiliki aplikasi ini.
Aplikasi untuk blogger hp

Mempunyai hobi menulis diatas kertas dengan pena merupakan cara klasik untuk menikmati hidup bagi sebagian orang. Hobi yang tidak mahal ini bisa dilakukan dimana saja asalkan ada pena dan kertas.

Namun seiring berjalannya waktu, semakin majunya peradaban semakin banyak alat untuk menulis yang tidak hanya berpatok pada pena dan kertas. Slah satunya adalah alat tulis digital.

Alat tulis digital biasanya berupa aplikasi hp ataupun pc. Alat tulis digital Alat tulis digital ini lebih praktis dari alat tulis konvesional.

Contohnya saja aplikasi note yang ada di smartphone yang bisa membantumu menyalurkan hobi menulis.

Begitupula untuk seorang blogger seperti saya yang menikmati menulis informasi menarik untuk di publish disini.

Yang dibutuhkan untuk menulis artikel blog di HP

Bagi kami nge-blog bukan hanya soal menulis, nge-blog sudah bisa disebut pekerjaan. Karena itu kebutuhan alat-alat untuk menulis dan update artikel sangat diperlukan.

Contohnya saja photoshop yang digunakan untuk memanipulasi gambar, atau aplikasi pengolah kata microsoft word yang digunaakn untuk menulis, bahkan sampai aplikasi editor text seperti sublime text juga digunakan untuk membuat struktur template blog.

Nah, itu hanya contoh bagi yang menggunakan pc, lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai pc dan hanya punya hp?

Tenang saja, kita akan membahasnya bersama di aplikasi penunjang menulis konten blog melalui hp. Karena itu anda disinikan?.

Berikut ulasan daftarnya.

1. Aplikasi Blogger dan Wordpress android.

Yap tentu saja aplikasi pertama adalah aplikasi yang digunakan untuk merangkai artikel blog di android berupa wordpress dan blogger app.

Kita tahu bahwa wordpress dan blogger merupakan platfrom populer untuk mulai nge-blog, karena itu tidak heran jika keduanya membuat aplikasi khusus android.

Aplikasi android blogger dan wordpress ini merupakan solusi bagi kalian yang tidak mempunyai pc. Di aplikasi ini kalian bisa melakukan beberapa hal yang sama seperti yang dilakukan pada website resmi blogger dan wordpress saat diakses di pc, seperti mengedit, publish artikel, dan menulis artikel.

Aplikasi Blogger

Aplikasi Wordpress

2. Browser.

Jika kalian lebih menyukai menulis langsung melalui websitenya, maka browser yang baik dengan fitur yang mendukung untuk blogger ataupun wordpress sangat diperlukan.

Baca juga : Membuka hasil pencarian google ditab baru otomatis

Berikut browser yang baik untuk blogger.

  • Chrome
  • Aplikasi browser chrome besutan dari google ini bisa digunakan untuk para blogger hp. Fitur yang bisa digunakan dari chrome adalah fitur tampilan desktop-nya.

    Fitur ini bisa membuat tampilan blogger.com menjadi seperti di pc.

    Namun sejak pembaruan terbaru blogger.com tampilan dimobilenya pun lebih responsive, jadi apakah ingin membuat tampilan blogger seperti dipc atau mobile di hp android kembali kepada kenyamanan anda.

    Aplikasi chrome

  • Mozila firefox
  • Mozila Firefox juga bisa menjadi opsi untuk digunakan selain browser chrome.

    Aplikasi Moz Firefox

Kedua aplikasi browser diatas hanyalah contoh. Memiliki browser di smartphone juga diperlukan untuk kebutuhan menulis blog secara offline, artinya kamu membuat sebuah artikel dengan file .html dan jalankan dibrowser.

3. Editor text

Editor text diperlukan untuk mengedit artikel blog dengan struktur HTML dihp. Selain itu editor text juga bisa digunakan untuk keperluan edit template blog.

Fitur yang harus dimiliki editor text android untuk blogger adalah syntax, Run File, save as, dan suport undo redo.

Fitur-fitur diatas hanya sebagian tapi cukup untuk merangkai artikel yang baik di smartphone. Berikut ini rekomendasi aplikasi editor text android untuk menulis blog.

  • Code Editor app
  • Seperti namanya, code editor ini memiliki kemampuan untuk menulis, edit, run, program.

    Menurut aku sendiri ini merupakan aplikasi android yang power full untuk menulis kode-kode program. Pilihan syntax yang banyak mulai dari HTML5, CSS, Javascript, Phyton, SQL, mySQL, hingga Java pun ada.

    Selain itu code editor app ini juga bisa melakukan run file hingga inspect element yang mana kalian tidak perlu buka aplikasi browser untuk menjalankan file html, atau inspect element yang biasanya hanya bisa dilakukan browser pc atau browser khusus.

    Untuk informasi saja, artikel yang kalian baca ini juga dibuat dengan code editor.

    Aplikasi Code Editor

  • Webcode
  • Webcode juga merupakan aplikasi editor text android yang bisa kalian coba untuk menulis postingan blog.

    Aplikasi Webcode

  • Google doc
  • Google doc juga bisa menjadi alternatif menulis postingan blog dihp.

    Aplikasi Google doc

Ketiga aplikasi editor text android diatas hanya contoh kalian bisa menemukan yang lain yang menurut kalian cocok untuk digunakan.

4. Foto atau Gambar editor.

Kita membutuhkan gambar untuk membuat tulisan blog lebih menarik. Jika di pc kita bisa menggunakan photoshop, lalu untuk di android kalian bisa mencoba beberapa aplikasi edit gambar untuk nge-blog dihp.

Lihat ini : 10 Aplikasi Hp edit Gambar terbaik

Kalian juga bisa menggunakan gambar dari google dengan catatan harus bebas lisensi. Namun kalian membutuhkan hal no 5 berikut untuk menerapkannya jika akan menggunakan gambar dari google.

Baca juga : Situs gambar bebas download dan lisensi

5. Koneksi internet.

Tentu saja koneksi internet pasti dibutuhkan untuk publish konten artikel yang teah jadi. Baik di pc maupun android koneksi internet diperlukan untuk mempublish artikel yang telah jadi.

Carilah paket internet yang cukup untuk kebutuhan upload, dan browsing. Kalian bisa melihat daftar paket internet xl sebagai referensi.

Baca juga : Cara menulis artikel blog seo friendly

Itulah dia 5 hal yang bisa membantumu membuat artikel blog dihp. Dengan ini semoga lebih semangat dalam menulis artikel amin.

Terima kasih telah berkunjung.

Kenny is my name, someone who is quite calm with a charming smile. Don't bother me if you don't want to see the devil. Don't act like you're innocent.

Posting Komentar

1. Dilarang komentar spam
2. Dilarang berkomentar dengan link aktif
3. Dilarang menghina agama, antar manusia, suku, bangsa, dan budaya
4. Dilarang komentar diluar pembahasan blog
5. Berkomentarlah dengan bijak
© Kenscripts. All rights reserved. Developed by Jago Desain